Kamis, 19 Februari 2015

Semarang Touchdown #2

Assalamualaikum wr wb...
Salam Lestari !!

Awal tinggal di Jawa, apalagi di Magelang, Siapa sih yang tiap pagi gak ngelihat betapa Megahnya-Merbabu berdampingan tepat di samping Merapi? Aku selalu inget kata guru smp waktu pelajaran Geografi, Gunung Merbabu itu dulunya gunung api aktif di tanah Jawa, namun sejak meletus entah tahun berapa lupa --"hampir setengahnya runtuh lalu gundukan hasil ledakkan yg runtuh jadi gunung Merapi deh~ ahahaha *sekilasinfo*
Sebenarnya karena aku sering bolak-balik ambarawa-magelang, jadi suka lewat jalur tegalrejo-kopeng yang melewati kaki gunung Merbabu. sewaktu belum pernah mendaki, selalu terlintas di benak tiap melewati jalan kopeng-salatiga bahwa Merbabu itu "tinggi" sekali, bahkan sama gunung Telomoyo dan Andong di sampingnya pun , Merbabu sangat tinggi menurutku waktu itu. ditambah cerita dari orang tua kalau katanya Merbabu itu Gunung "Embah"nya tanah Jawa, jadi tentu saja angker... Yah, saya hanya sekedar membayangkan saja sudah takut dan tak pernah terlintas dalam benak bahwa suatu saat saya akan naik menuju puncak Merbabu...

Entah percaya sama takdir atau tidak, waktu ternyata membawa seorang yang tidak pernah punya keinginan sama sekali buat naik gunung-dulu waktu SMA-malah kuliahnya ikut Mapala --' dan sekalinya naik gunung waktu jadi panitia pendakian besar yang diikuti peserta dan naiknya Merbabu pula. saya sempat berfikir kuat atau tidakkah saya naik gunung setinggi merbabu. Tapi melihat semangat teman2 membuatku menjadi berani dan tetap dalam kondisi yang ceria mengingat kami membawa peserta :D
Basecamp Cunthel, 14 Juni 2014

Kami Berangkat melalui Basecamp Cunthel, nah jalur ini terkenal Jalur yang lumayan landai namun agak lama dalam pendakiannya. Letaknya kalo dari arah kopeng masih naik lagi, hehe --" bersama peserta kami naik dari base camp ke pos 3 untuk tidur pukul 2 siang. selama perjalanan kami melewati banyak pos yaitu pos bayangan 1, pos bayangan 2 yang ada sumber airnya, lalu pos 1, pos 2 dan pos 3. selama perjalanan, yang paling melelahkan ialah jalan antara pos 1 ke pos 2, jalannya nanjak terus dan well, kebetulan pas jadi middle megang stock obat-obatan buat  kelompok 2 jadi tasnya berat .. waktu berlalu, kami tiba di pos 3 pukul 7 malam. disini kami makan malam dan tidur,,
Ternyata Merbabu dingin sekali pemirsa~ tebelnya jaket parasut sama sleeping bed mengalahkan dinginnya Merbabu yang menusuk sampai ujung kaki *Brr* But its okay, lebih dingin Sikunir hehe..

Jam 2 kami bangun demi mendapat Sunrise di Pos 4 menara.. pada masih muka bantal disuruh bangun.. okay gak papa.. persiapan, jam 3 kami naik pelan-pelan. tidak sedikit dari peserta yang merasa pusing dan keseleo akibat dingin sehingga diperkirakan (oleh saya sendiri) kalau supply oksigen menipis menyebabkan darah kekurangan oksigen ke otak dan .... taaraaa, kepala jadi pusing dan badan jadi pegel --" *hipotesangawur* nah disaat seperti inilah jasa Kesehatan seperti saya diperlukan, Alhamdulillah masih bisa menolong orang disaat diri sendiri sebenernya butuh pertolongan *abaikan*.. Tak terasa sudah pukul setengah 5 kami sudah sampai di pos 4, ternyata kami bergerak lebih cepat dari Sunrise di pelupuk awan pagi itu. sambil menunggu Sunrise beberapa dari kami duduk sambil makan dan tentunya merapat karena kedinginan brrr.. Finally Sunrisenya dataaaaangggg, it's really Beautifull

Inspiratif 2013 di Pos 4 Merbabu 15 Juni 2014
Sunrise pos 4 Merbabu

Setelah menikmati Indahnya Sunrise, kami melanjutkan perjalanan menuju puncak ! beberapa dari kami merasa kelelahan dan memutuskan untuk turun kembali ke pos 3, namun karena saya mungkin saat itu termasuk bersemangat, yaaa~ it's time guys ! kami sangat bersemangat untuk berjalan .. namun tidak dapat dipungkiri perjalanan ini 'agak' mengesalkan. melihat track ke puncak sangat melelahkan karena kondisi jalan yang naik lalu turun lagi, dan tanjakannya-pun terbilang terjal dan curam --" namun itu semua hilang karena kami disuguhi pemandangan alam nan indah ala merbabu~ Lihat saja kami dapat memandangi 4 gunung sekaligus pada suatu view yang bagiku menakjubkan! seperti saudara saja ya gunung-gunung ini :D

Tak terasa pukul 10 pun tiba, di depan saya persis terlihat puncak Kentheng songo. Sebenarnya bila mau ke puncak Syarief saat di watu dugong bisa ambil ke arah kiri. kalo ke kentheng songo ke arah kanan. Nah, jalan menuju kentheng songo ini terkenal dengan jalur "mlipir"nya dan "jembatan setan". yang dimaksudkan mlipir disini ialah jalannya muter banget, lebarnya kira2 hanya muat 2 kaki kalo didempetin.. bayangkan saja , udah jalannya mlipir, sempit dan sebelahnya jurang pula --" saat saya berada di posisi saat itu saya berfikir "kenapa saya sebodoh ini menmpatkan diri saya sendiri dalam bahaya" belum lagi dengan jembatan setan yang benar-benar ...... pokoknya siapapun yang pernah naik merbabu pasti pernah merasakan sensasi melompat di batu yang lebarnya sangat gak manusiawi --".. segala perasaan lapar, capek, haus, bercampur aduk apalagi melihat track sedemikian rupa yang sangat sedih apalagi kalau nginget kenapa ga pulang aja kerumah bobo cantik di kosan...

And Finally, I'm in the top of Merbabu, semua kepenatan tadi hilang sekejap.. hanya lautan kapas yang menyapa dan membuatku tertegun atas nikmat Allah dan Kebesarannya.. Subhanallah, AllahuAkbar!!!!!
View Puncak Merapi dari Puncak Merbabu 3142 MDPL

Inspiratif 2013 di Penbox 2014

Setelah kami puas mengabadikan momen di puncak, kami menuju basecamp lagi~
dan akhirnya Semarang Touchdown !!
 ini ada sedikit kata-kata bagus saat nonton "The Unbroken" dari kakaknya Zampelini:
"Tidak masalah seberapa sengsaranya engkau saat ini, yang terpenting ialah kemuliaan seumur hidupmu setelah ini semuanya berakhir"